BAHAYA MANDI SETELAH BEGADANG


Mandi merupakan aktivitas yang menyegarkan untuk tubuh. bukan hanya segar saja, dengan mandi juga akan membuat tubuh menjadi wangi. Mandi memang aktivitas uang tidak masalah jika itu dilakukan dalam waktu yang tepat untuk mandi.  Bagi seseorang setelah melaksanakan mandi, akan cenderung lebih aktiv dan fresh untuk melakukan aktivitas. Mereka yang setelah melakukan mandi akan terlihat lebih menyenangkan daripada mereka yang belum mandi. 

Namun sayangnya tidak semua waktu mandi cocok untuk tubuh. ada beberapa kondisi dan waktu tertentu yang menganjurkan tubuh untuk tidak dalam kondisi mandi, misalnya saja bahaya mandi tanpa tidur yang akan berpengaruh buruk untuk kesehatan tubuh. mungkin efek yang ditimbulkan tidak dalam jangka waktu yang cepat. 

1. Menguncupkan pembuluh darah

Berdasarkan penjelasan dari orang dan ahli medis, bahwa mandi pada malam hari yang sebelumnya begadang secara fisiologis keadaan suhuh dingin akan dapat menyebabkan penguncupan pembuluh darah. Maka yang baik adalah dengan kondisi hangat. Hal itu akan mampu berguna untuk melebarkan pembuluh darah.


2. Tubuh akan menggigil

Biasanya aktivitas begadang dilakukan oleh mereka yang sedang mengerjakan tugas yang di kejar deadline. Karena tugas dan pekerjaan yang tak terselesaikan, maka mereka terpaksa untuk begadang. Waktu yang kurang tidak mampu digunakan untuk tidur. Dan pada pagi harinya agar tetap terlihat segar dan terjaga kesegarannya mereka melakukan mandi. Namun ternyata hal ini akan berpotensi membuat tubuh mengalami kedinginan. Hal yang baik yang bisa dilakukan adalah dengan menggerakkan tubuh yang akan membuat tubuh terasa hangat.

3. Beresiko terjadinya penyumbatan

Mandi dalam kondisi kedinginan dapat menyumbat pembuluh darah. Jika dalam keadaan ini pembuluh darah seseorang sudah kecil, akan menyebabkan hal buruk bagi kesehatan. Apalagi jika pembuluh darah sudah berada dalam kondisi penyempitan seperti di otak atau di jantung. Hal yang membuat bahaya adalah jika terjadinya serangan mendadak pada seseorang penderia jantung dan otak. 


4. Membuat seseorang mengantuk

Biasanya orang yang mandi bertujuan agar membuat tubuh menjadi segar dan terlihat fresh. Meskipun begitu masih ada beberapa orang berpendapat lain. Yaitu kebiasaan mandi setelah mereka melakukan begadang akan membuat mereka menjadi mengantuk. 

Karena keadaan ini akan membuat tubuh menjadi segar, fresh, dingin dan nyaman. Jika tidak melakukan aktivitas apa pun akan menyebabkan kantuk.

5. Membuat kinerja menjadi tidak maksimal

Melakukan mandi pada waktu dini hari memang di pandang baik untuk kesehatan. Karena akan memberikan rasa segar pada tubuh. namun rasa segar setelah mandi justru akan membuat tubuh menjadi nyaman. Sehingga hal ini membuat seseorang ingin kembali ke kasur dan tidur kembali. Padahal ada hal lain yang harus dilakukan, misalnya saja kerja, kuliah atau sekolah. Jika hal ini terjadi maka pekerjaan yang anda lakukan menjadi tidak efektif karena tubuh tidak bekerja secara maksimal.

Comments