7 BAHAYA MENGKONSUMSI GULA YANG BERLEBIH UNTUK KESEHATAN


Gula biasanya banyak digunakan sebagai bahan tambahan penyedap masakan atau sebagai campuran pemanis minuman. Mengkonsumsi gula yang dianjurkan untuk tubuh dalam waktu sehari adalah 90 gram. namun ketika kamu mengkonsumsi gula yang lebih dari kadar itu maka dapat dipastikan kamu mengkonsumsi gula yang berlebih. Mengkonsumsi gula berlebih yang menjadi gaya hidup kamu akan menyebabkan munculnya beberapa gangguan kesehatan dan meningkatkan gula dalam darah.

Bagaimana menghindari konsumsi gula yang berlebih?
  • Kamu bisa mengganti gula pasir dengan gula merah
  • Membuat minuman sendiri dengan takaran gula yang pas
  • Sebelum membeli minuman kemasan sebaiknya untuk membaca terlebih dahulu informasi nilai gizi dan gula yang terkandung dalam minuman
  • Selalu rajin berolahraga untuk membakar kalori


Apa saja dampak dan bahaya dari mengkonsumsi gula berlebih dalam tubuh?


1. Mengganggu fungsi jantung dan merusak jantung

Fungsi dan kinerja jantung akan menurun ketika kamu mengkonsumsi gula secara berlebihan. Apabila hal ini dibiarkan dan tidak segera ditangani akan dapat menyebabkan jantung menjadi rusaj dan tak berfungsi normal serta tidak dapat berfungsi dengan baik.


2. Meningkatkan jumlah lemak dalam tubuh

Kadar lemak yang terlalu tinggi dapat menyebabkan munculnya berbagai gangguan kesehatan yang membahayakan tubuh. salah satu hal yang dapat memicu munculnya lemak adalah gula. Mengkonsumsi gula yang berlebihan akan membahayakan karena dapat meningkatkan timbunan dan kandungan lemak yang ada dalam tubuh.

3. Memicu munculnya tekanan darah tinggi

Tidak hanya garam saja yang dapat memicu gejala hipertensi, konsumsi gula yang berlebih juga salah satu pemicu gangguan dan gejala tekanan darah tinggi yang menyerang tubuh. apalagi untuk kamu yang memang sudah memiliki riwayat darah tinggi sebaiknya untuk mengurangi dan mengontrol asupan gula dalam tubuh.

4. Menyebabkan seseorang kecanduan gula

Kecanduan gula dapat terjadi apabila seseorang terlalu banyak mengkonsumsi gula yang akan menyebabkan terjadinya gangguan berupa kecanduan terhadap gula.  

5. Menimbulkan efek beracun bagi hati

Ternyata tidak hanya alkohol saja yang dapat merusak fungsi hati, ternyata gula juga juga dapat berpotensi merusak hati. Mengkonsumsi gula yang berlebih dan tidak wajar dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan kerusakan dalam hati, karena dapat menimbulkan racun bagi hati.

6. Menyebabkan penuaan sel – sel otak

Dampak dan efek bahaya lainnya dari mengkonsumsi gula yang berlebihan salah satunya adalah mengganggu sel – sel yang ada di dalam otak. beberapa penelitian menyebutkan bahwa mengkonsumsi gula yang berlebih dalam tubuh dapat menyebabkan terjadinya penuaan sel – sel otak yang dapat menyebabkan otak mengalami gangguan – gangguan yang dapat mempengaruhi fungsinya.


7. Menyebabkan terjadinya penyakit gula atau diabetes

Penyakit diabetes memang ada kaitannya dengan mengkonsumsi gula yang berlebih. Walaupun penyakit diabetes beberapa merupakan bagian dari penyakit keturunan dan genetika, biasanya juga akan diperparah dengan asupan gula yang berlebih. Ketika mengkonsumsi gula yang berlebih maka bukan tidak mungkin kamu akan mengalami kemunculan gejala – gejala penyakit ini.

Comments